Monday , September 1 2014
PENGUMUMAN
You are here: Home / Berita / KEGIATAN SOSIALILASI IMPLEMENTASI FUMIGASI PHOSPINE (PH3) DAN ELEKTRONIC FUMIGATION CERTIFICATE DI BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I MANADO

KEGIATAN SOSIALILASI IMPLEMENTASI FUMIGASI PHOSPINE (PH3) DAN ELEKTRONIC FUMIGATION CERTIFICATE DI BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I MANADO

Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tindak karantina (Tumbuhan) utamanya peningkatan kualitas dan profesionalisme para Fumigator guna penyempurnaan pelaporan pelaksanaan fumigasi dilapangan sehingga laporan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado menyelenggarakan kegiatan dan dalam upaya memaksimalkan pemberian pelayanan kepada para pengguna jasa karantina dalam hal pengajuan pemeriksaan karantina, maka Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kegiatan Sosialilasi Implementasi Fumigasi Phospine (Ph3) Dan Elektronic Fumigation Certificate kepada para stakeholder (pengguna jasa karantina / eksportir dan Importir serta para fumigator) di wilayah operasional BKP Kelas I Manado.

Kegiatan Sosoalisisi diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 26 Juli 2012 bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado Jl. Baru Tugu Adipura, Paniki Bawah Kec. Mapanget – Manado Tema kegiatan sosialisasi kali adalah “Optimalisasi Pelaksanaan Fumigasi Phospin (PH3) dan Electronic Fumigation Certificate di Propinsi Sulawesi Utara”

Acara sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado (Drh. Abdul Kadir Jailani), didampingi oleh Kepala Seksi Karantina Tumbuhan (Ir. Bungin Lamba). Dalam sambutannya Kepala Balai menekankan kepada pelaksanaan tindak karantina yang harus dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan pelaporannya dilaksanakan melalui system SAB Online, hal ini dimaksudkan guna memantau dan memonitoring pelaksanaan tindak karantina (perlakuan Fumigasi) yang dilaksanakan oleh pihak ketiga (Fumigator). Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dipandu oleh Kepala Seksi Karantina Tumbuhan (Ir. Bungin Lamba).

Materi sosialisasi disampaikan oleh 2 pemateri, materi pertama disampaikan oleh Perwakilan salah satu Fumigator yang berada di Sulut yakni PT. Kembang Samudera Internasion Cabang Bitung (Adam Tiloli) yang menyampaikan materi sekilas tentang pelaksanaan fumigasi Phospine (PH3) sesuai standar Barantan. Kemudian materi pada sesi ke dua adalah implementasi penerbitan sertifkat fumigasi secara elektronik melalui system SAB On-line oleh Fungsional POPT (Dwi Rachmanto, SP), dalam penyampaiannya disampaikan secara detail tentang aplikasi pelaporan secara elektronik mulai dari tahap pengimputan order, pelaksanaan fumigasi dilapangan hingga pada tahap akhir terbitnya Fumigation Certifikate (FC) oleh pihak Fumigator dan secara otomatis data tersebut langsung terkirim ke server pusat, dengan demikian data pelaksanaan fumigasi dapat dimonitoring oleh UPT Pusat dan UPT didaerah.

Pelaporan data Operasional pelaksanaan Fumigasi merupakan tanggung jawab bersama antara UPT Karantina Pertanian di daerah dengan Pihak Ketiga sebagai Pelaksana Fumigasi. Setiap pelaksanaan kegiatan fumigasi mulai dari input order hingga penerbitan FC merupakan tanggung jawan pihak fumigator dan pihak UPT Karantina setempat memonitoring sejauh mana pelaksanaan pelaporan yang dilakukan oleh pihak fumigator dilapangan apakah berjalan dengan baik ataukah terdapat hambatan atau masalah terkait dengan pengimputan data.

 

Gambar 1. Acara Penyajian Materi dan Sesi Diskusi dipandu oleh Ka. Seksi Karantina Tumbuhan (Ir. Bungin Lamba)


Gambar 2. Penyampaian Materi Permentan oleh Perwakilan Fumigator (PT. Kembang Samudera International Cabang Bitung).


Gambar 3. Penyampaian Materi dan Implementasi Electronic Fumigation Certificate


Gambar 4. Suasana Peserta Sosialisasi Pada Sesi Diskusi

Comments are closed.