Monday , July 28 2014
PENGUMUMAN
You are here: Home / Berita / KEGIATAN SOSIALILASI IMPLEMENTASI FUMIGASI PHOSPINE (PH3) DAN PENERAPAN PPK ONLINE DI BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I MANADO

KEGIATAN SOSIALILASI IMPLEMENTASI FUMIGASI PHOSPINE (PH3) DAN PENERAPAN PPK ONLINE DI BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I MANADO

Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tindak karantina (Tumbuhan) utamanya pelaksanaan tindakan perlakuan (Fumigasi) dengan menggunakan Phospine (PH3) dan dalam upaya memaksimalkan pemberian pelayanan kepada para pengguna jasa karantina dalam hal pengajuan pemeriksaan karantina, maka Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Implementasi Fumigasi Phospine (PH3) Dan Penerapan PPK Online kepada para stakeholder (pengguna jasa karantina / eksportir dan Importir serta para fumigator) di wilayah operasional BKP Kelas I Manado.

Kegiatan Sosoalisasi diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 22 Pebruari 2012 bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado di Bitung. Tema kegiatan sosialisasi kali ini adalah “Optimalisasi Pelaksanaan Fumigasi Phospine (PH3) dan Peningkatan Pelayanan Prima kepada Pengguna Jasa Karantina di Propinsi Sulawesi Utara”

Acara sosialisasi tersebut diawali dengan laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Paulus L. Payangan, dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi yaitu untuk memperlancar kegiatan ekspor/impor komoditas pertanian khususnya tumbuhan dan hasil turunannya dan tujuannya untuk menyamakan pemahaman tentang pelaksanaan fumigasi Phospine (PH3) sesuai standar Barantan serta terlaksananya penerapan Pengajuan Pemeriksaan Karantina secara Online (PPK Online). Selanjutnya Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado (Drh. Abdul Kadir Jailani) didampingi oleh Kepala Seksi Karantina Tumbuhan (Ir. Bungin Lamba) dan Kepala Seksi Karantina Hewan (Drh. Akhmad Alfaraby). Dalam sambutannya Kepala BKP Kelas I Manado menyampaikan bahwa Pelaksanaan Tindakan Perlakuan (Fumigasi) merupakan hal mutlak ketika Negara tujuan mempersyaratkan komoditas yang akan diimpor ke negaranya yang harus diberi perlakuan, namun demikian pelaksanaan fumigasi harus dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Skim Audit Barantan dan apabila dilaksanakan oleh pihak ke – 3 harus memiliki kompetensi dan pelaksanaannya dibawah pengawasan pihak karantina pertanian setempat. Sementara itu terkait dengan implementasi Pengajuan Permohonan Pemeriksaan secara Online, Kepala Balai menyampaikan manfaat diterapkannya PPK Online dan harapannya agar dalam triwulan ke dua tahun ini program aplikasi PPK Online ini dapat diaplikasikan oleh para stakeholder diwilayah Sulawesi Utara. Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan akselerasi ekspor komoditas pertanian Sulut dan memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa karantina dalam melakukan pengajuan pemeriksaan karantina kepada UPT setempat.

Pada kesempatan kali ini pula dilakukan serah terima serifikat perpanjangan registrasi perusahaan fumigasi dari Badan Karantina Pertanian kepada salah satu fumigator yang ada di Sulut (PT. Kembang Samudera Inernasional – Bitung), sertifikat tersebut diberikan langsung oleh Kepala BKP Kelas I Manado (Drh. Abdul Kadir Jailani) dan diterima oleh Direktur PT. Kembang Samudera Internasional (Adam Tiloli).

Kegiatan sosialisasi dihadiri dan diikuti oleh Para Stakeholder (pengguna jasa karantina / eksportir dan dan importer serta para Fumigator), lingkup wilayah operasional BKP Kelas I Manado. Acara Inti kegiatan Sosialisasi yaitu penyampaian materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber, diantaranmya :

  1. Kepala Seksi Karantina Tumbuhan (Ir. Bungin Lamba), yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Badan Karantina Pertanian terhadap Perlakuan Karantina Tumbuhan. Dalam pemaparannya Kasie. Karantina Tumbuhan menyampaiakan beberapa hal yang terkait dengan kebijakan pembatasan penggunaan fumigant Methyl Bromide CH3Br) dan alternative penggunaan beberapa fumigant sebagai pengganti CH3Br.
  2. Direktur PT. Kembang Samudera Internasional (Adam Tiloli), yang menyampaikan materi tentang implementasi pelaksanaan tindakan perlakuan (Fumigasi) dengan menggunakan fumigant Phospine (PH3). Dalam Pemaparannya Direktur PT. KSI menyampaikan secara detail tentang aplikasi perlakuan fumigasi dengan menggunakan fumigant Phospine (PH3) dari tahap penerimaan order hingga tahap akhir dikeluarkannya sertifikat fumigasi (Fumigation Certificate).
  3. Penanggungjawab Pelaporan Elektronik Plant Quarantine (Dwi Rachamanto, SP), yang menyampaikan tentang Penerapan Aplikasi Pengajuan Pemeriksaan Karantina secara Online. Dalam pemaparan materi disampaikan secara detail tentang aplikasi PPK Online yang tujuannya untuk memberikan informasi dan kesepahaman tentang tata cara permohonan pemeriksaan karantina yang diajukan oleh pengguna jasa secara elektronik dengan menggunakan aplikasi untuk selanjutnya dilakukan tindakan pemeriksaan karantina. Pada kesempatan kali ini juga dilakukan simulasi penggunaan aplikasi PPK Online Versi 4.5 dari tahap instalasi hingga proses transfer permohonan ke BKP Kelas I Manado.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kepada para pengguna jasa karantina dapat lebih proaktif guna mendukung terselenggaranya tindak perkarantinaan yang efektif dan efesien. Kepada PT. Kembang Samudera Internasional diucapkan Selamat atas diperpanjangnya registerasi perusahaan fumigasi dan diharapkan dapat melaksanakan kegiatan tindak perlakuan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan kepada Para fumigator yang belum teregistrasi diharapkan agar dapat mempersiapkan diri untuk memperoleh legalitas dari Barantan utamanya diwilayah kerja Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado (dwi r).

Dokumentasi Kegiatan


Gbr 1. Laporan Ketua Panitia Sosialisasi (Paulus. L. Payangan) Gbr2. Sambutan Kepala BKP Kelas I Manado sekaligus Membuka Sosialisasi


Gbr3. Serah Terima Sertifikat Perpanjangan Registerasi Perusahaan Fumigasi. Gbr 4. Pemaparan Materi oleh para Narasumber.


Gbr 5. Penyampaian / Pemaparan materi PPK Online Gbr 6. Pengajuan pertanyaan (Peserta Sosialisasi PT. Cargil Indonesia)

Comments are closed.